Senin, 01 Oktober 2018

Kepemimpinan dan Prilaku Birokrat dalam Skala Prioritas


3wb-Media, Potianak. Melihat faktor suksesnya suatu lembaga pemerintahan bisa dari beberapa aspek, apakah output yang dihasilkan, atau mungkin profesionalitas dalam menjalankan kelembagaan yang menjadi perhatian. Yang harus tetap menjadi perhatian adalah bagaimana para birokrat memahami hakikat dari suatu jabatan pemerintahan yaitu "melayani". Terkadang kultur senioritas dalam suatu jabatan kelembagaan birokrasi pemerintah, menjadi patologi birokrasi tersendiri. Muncul yang namanya arogansi sikap dalam memimpin lembaga pemerintahan, atau sifat ingin dilayani yang muncul ketika menduduki jabatan tertentu. Hal ini lumrah terjadi mengingat, oranisasi atau lembaga itu adalah wadah yang didalamnya banyak individu dengan karakter yang berbeda.

Stephen P. Robbins mengembangkan model 3 level dalam mempelajari perilaku manusia dalam organisasi melalui tiga tingkatan analisis yaitu:

  1. Tingkatan Individu: karakteristik bawaan individu dalam organisasi.
  2. Tingkatan Kelompok: dinamika perilaku kelompok dan faktor-faktor determinannya
  3. Tingkatan Organisasi: faktor-faktor organizational yang mempengaruhi perilaku.